#StaySafe, we’ll get through this together

Kami memahami, pandemi Covid-19 telah mengubah model pembelajaran di Program Studi Hubungan Internasional.
Di tengah penyesuaian tersebut, kami senantiasa mengupayakan agar perkuliahan daring, operasional program studi,
dan layanan akademik untuk mahasiswa tetap terlaksana dengan optimal.

Laman ini menyediakan informasi akademik dan imbauan untuk mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional
selama pembelajaran daring berlangsung. Mahasiswa disarankan untuk mengunjungi laman ini secara berkala.

Respons dan kebijakan Universitas Islam Indonesia mengenai mitigasi penyebaran Covid-19

Lindungi diri Anda

Apa yang perlu dilakukan untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari virus Corona? Penjelasan berikut menjelaskan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari virus Corona. Tonton video singkat di samping dan pahami rekomendasi dari para pakar WHO.

Hal yang sering ditanyakan mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional
mengenai pembelajaran daring dan kebijakan mitigasi penyebaran Covid-19

Terdapat tiga ragam model pembelajaran yang dilakukan di PSHI yang relevan dengan keilmuan hubungan internasional, mencakup:

  1. Sinkron (satu waktu, beda tempat), contoh: streaming video, diskusi daring, chat, atau bentuk interaksi serupa lainnya;
  2. Asinkron (beda waktu, beda tempat), contoh: unggahan video penjelasan, audio, PPT, materi kuliah, interaksi melalui email, atau bentuk interaksi serupa lainnya yang dapat diakses dan direspon kapanpun sesuai waktu yang tersedia bagi dosen dan masing-masing mahasiswa;
  3. Kombinasi, contoh: unggahan video penjelasan atau materi kuliah, diikuti dengan interaksi daring. PSHI memercayakan implementasi model pembelajaran daring setiap mata kuliah kepada masing-masing dosen dengan mengacu pada ketiga model pembelajaran daring tersebut di atas.

Artinya, jika Anda menemukan setiap dosen menerapkan model pembelajaran yang berbeda, namun tetap mengacu pada salah satu model di atas, maka pelaksanaan perkuliahan tersebut telah sesuai dengan kebijakan PSHI.

Penugasan yang telah tercantum di dalam RPS akan tetap diterapkan dalam perkuliahan daring. Dalam kondisi di mana tugas tersebut hanya dapat dilakukan melalui pertemuan tatap muka, metodenya akan diganti menjadi penugasan secara daring, dengan struktur penilaian sesuai tugas yang tercantum dalam RPS.

Sesuai Surat Edaran Kaprodi No. 31/Kaprodi/10/HI/III/2020, mulai 23 Maret 2020 PSHI mengambil kebijakan untuk mengurangi beban mahasiswa dengan tidak memberikan tugas tambahan yang tidak tercantum dalam RPS.

Pengumpulan tugas semua mata kuliah di lingkungan PSHI dijadwalkan setiap dua pekan sekali secara bergantian. Kebijakan ini membantu Anda dalam mengelola waktu karena beban tugas di setiap minggu menjadi berkurang.

Untuk melihat penjadwalan pengumpulan tugas pada mata kuliah yang Anda ikuti di semester ini, Anda dapat mengakses Jadwal Pengumpulan Penugasan Kolektif pada tautan berikut: https://s.id/jadwaltugas

Ya, kebijakan ini berlaku untuk semua bentuk penugasan rutin yang telah tertulis di RPS maupun penugasan pengganti.

Namun penjadwalan tersebut tidak berlaku untuk tugas-tugas bersifat praktik yang dilaksanakan sesuai dengan pertemuan kelas melalui streaming, di mana dalam situasi ini tugas tersebut dapat diberikan di setiap pertemuan (contoh: praktik negosiasi pada kelas “Praktik Diplomasi”).

Sesuai dengan imbauan dari pemerintah dan UII, sangat tidak dianjurkan bagi mahasiswa untuk meninggalkan tempat tinggalnya masing-masing (rumah tinggal/kamar sewaan/asrama/pondok pesantren/rumah sewaan) apabila bukan untuk keperluan yang darurat. Oleh karena itu, sebaiknya pembelajaran daring dan pengerjaan tugas dilakukan secara mandiri di tempat tinggal masing-masing.

Ujian Tengah Semester (UTS) diselenggarakan dengan jadwal dan metode asesmen daring, sesuai dengan kesepakatan bersama mahasiswa dan dosen, serta karakteristik mata kuliah.

Masa pembelajaran daring di UII berlaku hingga tanggal 7 Juni 2020. Durasi ini dapat diperpanjang dengan memperhatikan perkembangan mutakhir.

Layanan yang memerlukan tatap muka di seluruh unit Universitas Islam Indonesia, termasuk PSHI, mulai 24 Maret sampai dengan 15 April 2020, ditiadakan. Durasi ini dapat diperpanjang dengan memperhatikan perkembangan mutakhir.

Dalam situasi ini, PSHI menyelenggarakan semua bentuk layanan bagi mahasiswa dalam bentuk daring yang dapat diakses di https://ir.uii.ac.id/layanan.

Hingga saat ini, terdapat lima layanan untuk mahasiswa yang dapat diproses secara daring di https://ir.uii.ac.id/layanan:

  1. Pendaftaran judul skripsi
  2. Pendaftaran seminar proposal
  3. Pendaftaran ujian pendadaran
  4. Tutup teori
  5. Drop mata kuliah

Untuk keperluan lain yang tidak tersedia dalam layanan daring, mahasiswa dapat mengirimkan email ke [email protected] dengan menjelaskan layanan yang diperlukan. Jawaban email akan diterima mahasiswa selambat-lambatnya dalam 1 hari kerja.

Setelah Anda melakukan pendaftaran seminar, PSHI akan mengatur penjadwalan pelaksanaan sidang Anda.

Apabila penjadwalan tersebut jatuh pada tanggal di mana masa pembelajaran daring masih diberlakukan (hingga tanggal 7 Juni 2020), maka seminar Anda akan dilaksanakan secara daring.

Staf administrasi PSHI akan menghubungi Anda terkait teknis pelaksanaan seminar proposal selambat-lambatnya 1 (satu) pekan setelah Anda melakukan pendaftaran.

Apabila Anda telah mendaftar untuk sidang pendadaran skripsi secara daring, PSHI akan mengatur penjadwalan pelaksanaan sidang Anda.

Apabila penjadwalan tersebut jatuh pada tanggal di mana masa pembelajaran daring masih diberlakukan (hingga tanggal 7 Juni 2020), maka sidang Anda akan dilaksanakan secara daring.

Divisi akademik FPSB akan menghubungi Anda untuk memberikan informasi terkait teknis pelaksanaan sidang daring tersebut.

Sesuai dengan Surat Edaran Rektor UII, tidak dianjurkan untuk mahasiswa melakukan perjalanan pulang kampung atau ke luar kota.

Dalam situasi seperti ini, setiap orang berpotensi sebagai sumber penyebaran virus ke orang atau daerah yang belum terpapar, dan sebaliknya, berpotensi terpapar selama dalam perjalanan.

Setiap pribadi harus turut bertanggung jawab menjaga diri dan lingkungannya.

Virus corona baru atau novel coronavirus (nCoV) adalah jenis virus corona baru yang menimbulkan penyakit yang bernama COVID-19.

Sebelum dikenal sebagai COVID-19, penyakitnya dikenal sebagai virus corona baru 2019 atau 2019-nCoV. Virus corona baru adalah virus baru, tapi mirip dengan keluarga virus yang menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan sejumlah influensa biasa.

Sumber: https://corona.jogjaprov.go.id/faq/tanya-jawab

Bila seseorang terinfeksi virus, dia akan menunjukkan gejala dalam 1-14 hari sejak terpapar virus. Gejala umumnya adalah:

  • demam
  • rasa lelah
  • batuk kering

Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala ringan, namun di kasus-kasus yang tertentu, infeksi dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas. Pada sebagian kecil kasus, infeksi virus corona bisa berakibat fatal. Orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan mengalami sakit lebih serius.

Karena gejala-gejalanya mirip flu biasa, maka perlu dilakukan tes untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi virus corona. Tes tersedia di rumah sakit-rumah sakit rujukan bagi orang yang mengalami gejala-gejala atas dasar perintah dokter.

Kunci pencegahan virus corona (COVID-19): Sering suci tangan pakai sabun dan air mengalir, hindari menyentuh muka, jauhi orang yang menunjukkan gejala (demam, batuk kering, kelelahan), bila batuk atau bersin: tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah tertutup setelah dipakai.

Sumber: https://corona.jogjaprov.go.id/faq/tanya-jawab

Virus dapat berpindah secara langsung melalui percikan batuk dan napas orang terinfeksi yang kemudian terhirup orang sehat. Virus juga dapat menyebar secara tidak langsung melalui benda-benda yang tercemar virus akibat percikan atau sentuhan tangan yang tercemar virus.

Virus bisa tertinggal di permukaan benda-benda dan hidup selama beberapa jam hingga beberapa hari, namun cairan disinfektan dapat membunuhnya.

Jika tangan tercemar percikan, virus dapat menyebar melalui sentuhan antar-orang, karena itu penting untuk sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta sementara waktu, menghindari bersalaman atau saling mencium pipi.

Sumber: https://corona.jogjaprov.go.id/faq/tanya-jawab

Berikut ini 4 cara pencegahan yang dapat Anda dan keluarga Anda lakukan:

  1. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau bila tidak tersedia, cairan pembersih tangan berbahan alkohol (60%).
  2. Tutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk dengan siku terlipat atau tisu yang langsung dibuang ke tempat sampah tertutup setelah dipakai.
  3. Jaga jarak bicara minimal 1 meter.
  4. Jauhi orang yang terlihat memiliki gejala-gejala flu.

Sumber: https://corona.jogjaprov.go.id/faq/tanya-jawab

Apabila sakit Anda tidak menunjukkan gejala menyerupai Covid-19, silakan memeriksakan diri ke dokter maupun fasilitas kesehatan terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Apabila sakit yang Anda rasakan menunjukkan indikasi menyerupai gejala Covid-19, Anda disarankan untuk segera menghubungi layanan Yogyakarta Tanggap Covid-19 di 0274 555 585 atau 0811 276 480.

Jika Anda memerlukan bantuan dokter atau fasilitas ambulans, hubungi Tim UIISiaga Covid-19 di nomor 0821 317 37773 (telepon, Whatsapp).

Dalam situasi darurat, bantuan yang dapat diupayakan oleh Tim UIISiaga untuk mahasiswa:

  1. Pengiriman dokter untuk mendatangi mahasiswa yang sedang sakit.
  2. Penyediaan fasilitas ambulans, apabila diperlukan.

Tim UIISiaga Covid-19 dapat dihubungi melalui telepon atau Whatsapp di nomor 0821 317 37773.

Terdapat 25 rumah sakit yang menjadi rujukan di Provinsi D.I.Yogyakarta, data lengkap rumah sakit tersebut dapat Anda lihat di halaman beranda situs resmi pemerintah D.I.Yogyakarta di https://corona.jogjaprov.go.id/.

Anda juga dapat melihat daftar rumah sakit rujukan di akun resmi Instagram Pemerintah D.I. Yogyakarta.

Anda berencana mengusulkan judul skripsi? Atau ingin memproses tutup teori?
Temukan berbagai layanan akademik pada tautan di samping.  

Program Studi Hubungan Internasional
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Email: [email protected] 

Telepon: 0274 898444 pesawat 2122
(layanan telepon tidak tersedia hingga 7 Juni 2020)

Alamat: Gedung Soekiman Wirjosandjojo,
Kampus Terpadu UII, Yogyakarta 55584

Health helplines

Tim UIISiaga Covid-19:
0821 317 37773

Yogyakarta Tanggap Covid-19:
0274 555 585
0811 276 480