Penulis: Ahmad Priansyah

Febi Eka Putri, S. Hub. Int merupakan salah satu alumni berprestasi dari Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Indonesia. Alumni yang juga merupakan angkatan pertama Program Studi HI UII ini telah menjadi awardee beasiswa World to Serbia yang memberikannya kesempatan untuk melanjutkan studi program master di University of Belgrade dengan mengambil studi International Studies. 

Bagi perempuan yang akrab disapa Febi ini, melanjutkan studi di luar negeri bukan merupakan suatu hal yang ia dapat secara tiba-tiba melainkan melalui perencanaan dan perjalanan panjang untuk meraih nya. Hal pertama yang ia lakukan adalah mengeksplor diri untuk mengenal apa yang ia sukai, kemampuan serta kelemahan yang dimiliki dan menjadikannya sebagai patokan untuk menjadi mimpi-mimpi yang ingin diraih di masa depan.

Menurut Febi, hal ini bisa dilakukan dengan belajar dan mencoba hal-hal baru baik di bidang akademik maupun non akademik, “ Jadi dari situ kita bisa lebih mengenal diri sendiri untuk mengenal potensi yang dimiliki” ujar nya. Hal ini sangat dirasakan Febi yang mulai tertarik menjadi seorang dosen setelah menjadi salah satu volunteer AIESEC dan berkesempatan mengajar Bahasa Indonesia dan Inggris di sebuah SMA di Serbia.

Setelah mengetahui mimpi yang ingin dicapai, ia menekan setiap mahasiswa untuk mem-break down mimpi-mimpi tersebut dan membuat perencanaan untuk meraih nya. “Yang aku percaya itu Dreams are achievable when we break them into small pieces” ujarnya. Febi selalu membuat jurnal tahunan yang ia gunakan untuk meninjau hal apa saja yang sudah dilakukan selama setahun sebelum nya dan apa yang ingin ia raih di tahun yang akan datang.

“Dari jurnal tahunan ini aku meraih banyak hal yang hampir menyerupai dengan apa yang ingin aku raih di tahun tersebut” kata Febi. Selain membuat jurnal tahunan, Febi juga senantiasa membuat jadwal mingguan yang ia gunakan untuk mengatur kedisiplinan dalam mengerjakan tugas dan kewajiban yang harus ia kerjakan.

Kegiatan akademik dan non akademik merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan harus dilakukan dengan seimbang karena kedua nya memiliki peranan penting.

“Dari kegiatan akademik aku belajar untuk bertanggung jawab salah satunya melalui deadline tugas kuliah yang kita miliki, kemudian dari kegiatan non akademik aku belajar banyak hal baru dan soft skill yang tidak dipelajari di kelas” ujar alumni yang pernah mengikuti berbagai organisasi di UII tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyak belajar mengenai time management, cara berkomunikasi yang baik, hingga problem solving. Salah satu dampak langsung yang dia dapatkan adalah mendapatkan networking dengan orang-orang lintas fakultas dan prodi yang sama-sama terlibat aktif dalam kegiatan non akademik, dari situ Febi memiliki kesempatan belajar cara menulis motivation letter yang ia gunakan untuk melanjutkan studi master.

Febi menyarankan kepada setiap mahasiswa yang saat ini memiliki keinginan untuk melanjutkan studi S2 di luar negeri untuk sejak dini melakukan 3 hal yaitu memperbaiki niat, mempercantik CV, serta mengasah kemampuan bahasa asing.

Meluruskan niat akan membantu dalam menemukan tujuan sebenarnya kenapa seseorang ingin kuliah di luar negeri selalu ditanyakan ketika mengikuti seleksi wawancara beasiswa. “Kita harus prepare lebih awal untuk kemampuan bahasa Inggris dengan cara ikut TOEFL dan IELTS untuk ujian” ujar Febi yang mengisi waktu luang di sela-sela mengerjakan skripsi dengan mengikuti les IELTS. “Kita juga sebisa mungkin memperkaya CV dengan mengikuti kegiatan non akademik di kampus yang akan menjadi poin plus ketika mendaftar beasiswa”.

“Restu orang tua untuk kelancaran dan kesuksesan dalam meraih mimpi yang dicita-citakan. Adab terhadap dosen sangat penting dan akan membuat dosen tersebut ridho dengan ilmu yang telah diajarkan dan mampu mempermudah jalan kita menuju cita-cita yang diinginkan.” Febi pun merasakan para dosen yang pernah mengajarnya selama belajar di HI UII memiliki peran yang besar dalam mengembangkan kemampuannya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *