Welcome to Department of International Relations

A bright future awaits you!

Selayang Pandang

Sejak berdirinya Program Studi Hubungan Internasional (PSHI) pada tahun 2014, hingga tahun 2020 PSHI telah mendidik sebanyak 1.006 mahasiswa dan meluluskan 154 mahasiswa. Tenaga pengajar PSHI UII memiliki bidang keahlian riset yang lengkap dan kuat, lulusan Doktor dan Magister dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Australia, Jepang, Qatar, Malaysia, dan Inggris. Saat ini PSHI UII juga memiliki tenaga pengajar (Visiting Professor) dari National University of Singapore (Singapura).

PSHI UII meraih akreditasi perdana dengan peringkat B pada tahun 2018 (SK BAN PT No. 1768/BAN-PT/Akred/S/VII/2018). Beriringan dengan capaian tersebut, sejumlah mahasiswa pun mendapatkan penghargaan baik di tingkat lokal maupun internasional serta banyak di antara mahasiswa dan tenaga pendidik yang aktif berkontribusi melalui publikasi artikel populer di media massa dan kegiatan seminar di berbagai daerah. Tidak terkecuali, kami juga menghadirkan mitra dari berbagai universitas ternama untuk meningkatkan kapasitas mendidik tenaga pengajar, bekerja sama dengan Marist College (Amerika Serikat) dan Anadolu University (Turki).

Selama pandemi COVID-19, PSHI UII semakin aktif mengimplementasikan kemitraan global dengan menghadirkan pakar-pakar dari berbagai bidang kajian hubungan internasional bersama sejumlah universitas mitra. Kemitraan global dalam penyelenggaraan aktivitas bersama tersebut telah dijalin PSHI UII bersama Universiti Malaya (Malaysia), Warsaw School of Economics (Polandia), Mahidol University (Thailand), University of Birmingham (Inggris), Rajshahi University (Bangladesh), dan Qatar Petroleum Industrial Cities. 

Di tahun 2020, PSHI telah menyelenggarakan beberapa kuliah umum dengan narasumber pakar seperti Dr. Dino Patti Djalal, Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia (2014), His Excellency Gary Quinlan, Duta Besar Australia untuk Indonesia, dan M. Aji Surya, Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir.

PSHI berkomitmen untuk terus bergerak aktif sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan berkualitas, baik dalam hal mengembangkan ilmu pengetahuan, mengajarkan serta melebatkan manfaat yang bisa masyarakat rasakan dengan kehadiran kami. Untuk itu, kami terus bekerja untuk melanjutkan kegiatan-kegiatan serupa yang tentunya lebih inovatif dan bermanfaat di masa-masa mendatang.

Ragam Aktivitas Mahasiswa Baru

Dalam Ingin kenal kami lebih dekat? Jangan lewatkan aktivitas berikut ini:

Kuliah Perdana (Inaugural Lecture) 8 September 2020
Pesona Ta’aruf – PESTA
(University Orientation Program)
9 – 13 September 2020
Pendalaman Nilai Dasar Islam 1
(Basic Islamic Values Comprehension 1)
15 – 17 September 2020
Orientasi Tingkat Fakultas
(Faculty Orientation Program)
19 – 24 September 2020
Pengenalan Akademik PSHI UII 25 September 2020
Workshop Learning Center UII 28 September 2020
Pengenalan Perpustakaan 29 September 2020
Pengenalan PSHI 30 September 2020
Kuliah Pembuka (Opening Lecture) 2 Oktober 2020
Pendalaman Nilai Dasar Islam 2
(Basic Islamic Values Comprehension 2)
Semester Ganjil 2020/2021
(Odd Semester 2020/2021)

Info mengenai Kuliah Perdana Universitas dapat diakses di tautan berikut:

Info mengenai Orientasi Fakultas dapat diakses di tautan berikut ini:

Info Pendalaman Nilai Dasar Islam dapat diakses di tautan berikut ini:

Fasilitas Email & Gateway

Kampus telah menyediakan fasilitas email mahasiswa. Email tersebut dapat diakses dengan login ke akun Single Sign On UII untuk membuka Akun Gmail dengan memasukkan [email protected].

Email tersebut dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan daring yang disediakan oleh kampus. Setelah mendapatkan email, mahasiswa dapat melakukan key-in dengan login pada tautan berikut ini https://gateway.uii.ac.id. Adapun bagi mahasiswa baru, key-in akan dilakukan secara otomatis oleh bagian akademik. Informasi mengenai mata kuliah yang diambil, jadwal perkuliahan, dan presensi dapat juga dapat dilihat melalui akun gateway tersebut.

Panduan mengenai aktivasi email, SSO, akses ke akun gateway, dan key-in melalui RAS Gateway dapat dilihat pada tautan di bawah ini:

Layanan Daring Mahasiswa

Berbagai layanan telah disiapkan bagi mahasiswa untuk mendukung menunjang pengalaman dan kenyamanan mahasiswa baik untuk kegiatan akademik maupun non akademik. Di antaranya adalah layanan akademik, layanan perpustakaan, layanan kemahasiswaan, UII Business Incubator, layanan KKN, pembinaan agama Islam, dan mobilitas global.

Mahasiswa juga mendapatkan fasilitas askes ke wifi dan eduroam menggunakan email institusi, lisensi perangkat lunak, dan berbagai fitur dalam Google Education.

Adapun selengkapnya mengenai layanan mahasiswa dapat diakses di tautan berikut:

Sejumlah layanan di atas juga dapat diakses pada tautan berikut ini:

Kuliah Daring selama Pandemi

Dalam rangka mitigasi pandemi Covid-19, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Indonesia telah mengadakan kuliah secara daring (online) secara penuh. Mahasiswa baru tidak perlu datang ke kampus dan dapat melaksanakan kuliah jarak jauh. Baik mahasiswa maupun tenaga pengajar telah dibekali dengan fasilitas perkuliahan jarak jauh yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar yang tetap nyaman dan efektif tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Kuliah Daring selama pandemi dilaksanakan melalui sejumlah platform seperti Google Classroom, Zoom, dan Panopto yang semuanya dapat diakses menggunakan email mahasiswa.

Adapun petunjuk perkuliahan daring dapat diakses pada tautan berikut ini:

Evaluasi Perkuliahan dan Studi Mahasiswa

Evaluasi perkuliahan dilakukan dengan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Evaluasi tersebut dilaksanakan secara terjadwal dan diatur oleh fakultas. Evaluasi tidak terjadwal dilaksanakan melalui kuis, penulisan karya ilmiah, dan bentuk penugasan lainnya yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan kewenangan dosen.

Setiap empat semester pertama, keberhasilan mahasiswa akan dinilai berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Mahasiswa yang mendapatkan IPK minimal 2,00 dan telah memenuhi 40 SKS dapat dinyatakan layak untuk melanjutkan proses belajarnya. Evaluasi juga dilaksanakan di akhir masa studi yang dilaksanakan melalui ujian skripsi.

Lebih jelasnya mengenai evaluasi perkuliahan, dapat diakses pada tautan berikut ini:

Mata Kuliah

Selama berkuliah di HI UII, mahasiswa akan menempuh 144 SKS dengan perhitungan 85 SKS Mata Kuliah Wajib + 51 SKS Mata Kuliah Pilihan + 2 SKS KKN + 6 SKS Skripsi. Mata kuliah terbagi menjadi beberapa blok yang terdiri dari; blok ilmu dasar, blok pengetahuan utama, blok metode penelitian dan analisis, blok pengetahuan khusus, blok studi independen, dan blok penyelesaian studi. Mahasiswa juga dapat mengambil mata kuliah pilihan sejak semester 3 apabila telah memenuhi syarat. 

Ingin tahu apa yang akan kalian pelajari selama berkuliah disini? Cek tautan di bawah ini:

UII Learning Center

Mahasiswa yang membutuhkan bantuan terkait dengan kemampuan akademik, seperti kemampuan menulis, berpikir kritis, membuat referensi yang tepat, dsb. dapat mengakses laman https://learning.uii.ac.id untuk mendapatkan bantuan terkait penyelesaian tugas. 

Layanan ini akan sangat membantu mahasiswa dalam mendapatkan hasil belajar yang optimal selama proses pembelajaran berlangsung. Mahasiswa akan mendapatkan pelatihan misalnya untuk menyajikan presentasi akademik yang baik, menghasilkan tulisan akademik yang memenuhi standar, menghindari plagiasi, menghindari kekeliruan dalam proses kognitif pembelajaran, dan lain sebagainya. 

Checklist Bagi Mahasiswa Baru

Ada berbagai informasi penting yang perlu untuk diketahui selama kegiatan induksi pengenalan program studi berlangsung. Baik informasi yang berkaitan dengan administrasi perkuliahan, layanan mahasiswa, dan kegiatan orientasi mahasiswa baru.

Untuk memudahkan mahasiswa baru untuk melihat informasi apa saja yang perlu untuk dipelajari, silahkan mengunduh terlebih dahulu form daftar periksa pada tautan berikut ini: