Beramal ilmiah, berilmu amaliah

Kumpulan tausiyah untuk mengurai hikmah oleh sivitas HI UII

Simak dan ikuti aktivitas Program Studi Hubungan Internasional UII dalam kanal Youtube

Ramadan, Pandemi, dan Kejujuran

Gustri Eni Putri

Islam mengajarkan pentingnya kejujuran dalam setiap lini kehidupan. Di tengah masa pandemi, kejujuran bukan berarti dapat menjadi kompromi.

Bersungguh-sungguh Menuntaskan Urusan

Masitoh Nur Rohma

Manusia memiliki kewajiban untuk bersungguh-sungguh dalam menuntaskan setiap urusan. Setelah satu pekerjaan selesai, kita diperintahkan untuk bergegas menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

Rahasia Wara’

Rizki Dian Nursita

Wara’ berarti berhati-hati, menjaga diri dari larangan Allah. Bersikap wara’ akan membuat hati manusia terjaga. Sebaliknya, semakin manusia terjerumus pada larangan Allah, maka hati kita akan semakin kotor.

Silaturahmi di Tengah Pandemi

Enggar Furi Herdianto

Pandemi membuat kita terpisah dari orang-orang dekat. Pengorbanan kita dengan tetap di rumah bukan berarti kita boleh meninggalkan silaturahmi. Pemanfaatan teknologi komunikasi bisa menjadi solusi agar hubungan tetap terjaga.

Menjadi Pribadi Ibadurrahman

Hadza Min Fadhli Robby

Saat pribadi ibadurrahman dibacakan ayat-ayat Allah Swt, hatinya akan tergetar. Ia akan mengingat akan kebesaran Allah Swt. Pribadi ibadurrahman juga senantiasa menebarkan faedah bagi sesama.

Islam Membela Kaum Difabel

Muhammad Zulfikar Rakhmat

Allah Swt tidak melihat hamba-Nya dari kondisi fisik, melainkan dari hati mereka. Melalui kisah Abdullah bin Ummi-Maktum, Rasulullah telah memberikan teladan bagaimana Islam mengajarkan kita untuk membela kaum difabel.

Memaknai Bekerja Sebagai Ibadah

Karina Utami Dewi

Dengan memaknai pekerjaan kita sebagai ibadah, kita tidak akan melihat pekerjaan kita sebagai beban yang menyita waktu kita. Dengan demikian, jika diniatkan dengan benar, pekerjaan juga dapat menjadi media kita untuk mendapat kasih sayang Allah Swt.

Memadukan Akal dan Spiritual

Hangga Fathana

Islam telah mengajarkan kepada kita tentang pentingnya memadukan akal dan spiritual dalam menjalankan serta memaknai hidup. Al-Qur’an memberi ayat perumpamaan yang begitu indah, agar manusia dapat meraih petunjuk yang terus-menerus dari Allah Swt., ibarat cahaya di atas cahaya.

Tiga Doa Yang Sering Terlupa

Muhammad Zulfikar Rakhmat

Kita telah mendapat nikmat Islam. Namun, sudahkah kita berdoa agar kita selalu ditetapkan dalam Islam? Sudahkah kita berdoa agar iman kita senantiasa kuat? Sudahkah kita mendoakan sesama muslim?

Muflis

Hasbi Aswar

Siapakah yang dimaksud dengan manusia yang bangkrut (al-muflis)? Manusia yang bangkrut bukanlah mereka yang tidak punya harta, melainkan mereka yang di akhirat kelak membawa segala amalannya, namun pada akhirnya masuk neraka.

Puasa di Tengah Pandemi

Willi Ashadi

Delapan hari setelah umat Islam menerima perintah dari Allah untuk berpuasa, Rasulullah menginstruksikan umatnya untuk melakukan Perang Badar. Atas izin Allah, perang tersebut dimenangkan oleh umat Islam. Semangat ini harus menjadi inspirasi bagi umat Islam dalam melaksanakan puasa di tengah pandemi.

Puasa Ramadan

Hasbi Aswar

Puasa sejatinya tidak sekadar menahan lapar dan dahaga. Melainkan, berpuasa adalah menahan perkataan yang tidak bermanfaat dan sia-sia. Hakikat puasa adalah menahan diri dari perilaku dan perbuatan yang buruk.

Makna Puasa Ramadan

Willi Ashadi

Ramadan adalah bulan yang disiapkan oleh Allah Swt untuk umat-Nya. Barangsiapa yang menghidupkan malam-malam di bulan Ramadan dengan memperbanyak ibadah, maka Allah Swt akan mengampuni dosa-dosa hamba tersebut.

Program Studi Hubungan Internasional
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Email: [email protected] 

Telepon: 0274 898444 pesawat 2122
(layanan telepon tidak tersedia hingga 7 Juni 2020)

Alamat: Gedung Soekiman Wirjosandjojo,
Kampus Terpadu UII, Yogyakarta 55584

Health helplines

Tim UIISiaga Covid-19:
0821 317 37773

Yogyakarta Tanggap Covid-19:
0274 555 585
0811 276 480