Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Indonesia (PSHI UII) telah menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan berpedoman pada profil lulusan PSHI UII, yaitu aktor bidang diplomasi dan tata kelola, aktor bidang literasi, aktor bidang pemberdayaan dan masyarakat sipil, dan aktor bidang ekonomi multinasional.
The Program of International Relations at Universitas Islam Indonesia (PSHI UII) has formulated Graduate Learning Outcomes (GLO) aligned with the PSHI UII graduate profile, encompassing the roles of diplomacy and governance actor, literacy actor, empowerment and civil society actor, and multinational economy actor.
Kode CPL (GLO Code) | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | Graduate Learning Outcomes (GLO) |
---|---|---|
| ||
CPL1 | Mampu memanfaatkan teknologi informasi (seperti tetapi tidak terbatas pada perangkat lunak pengolah data, internet of things, database) berbasis pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif | Able to utilize information technology (such as but not limited to data processing software, internet of things, database) based on qualitative and/or quantitative approaches |
CPL2 | Mampu memahami dan mengaplikasikan teori, konsep, dan metodologi ilmu hubungan internasional secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif di bidang politik internasional, diplomasi, pemberdayaan, dan/atau politik ekonomi di tingkat lokal, nasional, regional | Able to understand and apply theories, concepts, and methodologies of international relations in a logical, critical, systematic, and innovative way in the fields of international politics, diplomacy, empowerment, and/or political economy at local, national, regional levels |
CPL3 | Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar dan teknik negosiasi dan diplomasi secara umum dan/atau teknik negosiasi atau diplomasi Islam secara khusus | Able to apply basic principles and technique of negotiation and diplomacy in general and/or in Islam in specific |
CPL4 | Mampu menganalisis kepentingan, dinamika kebijakan luar negeri, dan diplomasi Indonesia menggunakan kerangka politik internasional, diplomasi, pemberdayaan, dan/atau politik ekonomi dalam hubungan internasional | Able to analyze the interest, foreign policy dynamics, and diplomacy of Indonesia using the framework of international politics, diplomacy, empowerment, and/or political economy in international relations |
CPL5 | Mampu mengungkapkan gagasan ilmiah menggunakan Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris, serta menguasai minimum satu bahasa resmi internasional secara aktif | Able to express scientific ideas in Bahasa and/or English, and mastering at least one international official language |
CPL6 | Mampu mengelola dan mengekspresikan hasil penelitian/studi lapangan menggunakan kerangka politik internasional, diplomasi, pemberdayaan, dan/atau politik ekonomi dalam hubungan internasional berbasis data baik secara lisan, tulisan, maupun visual dalam bentuk laporan penugasan, publikasi, atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | Able to manage and express the research result/field study using the framework of international politics, diplomacy, empowerment, and/or political economy in international relations based on data using oral, writing, or visual report, publication, or final project and submit it to the university database |
CPL7 | Mampu menunjukkan sikap ketakwaan, integritas, dan profesionalitas seperti tetapi tidak terbatas pada memiliki kepekaan sosial, berperilaku jujur, antiplagiasi, bertanggung jawab, dan berorientasi pada kemajuan bangsa | Able to exemplify faith, integrity, and professionality such as but not limited to considerate and concern to community issues, being honest, anti-plagiat, responsible, nation’s progress-oriented |
CPL8 | Mampu merumuskan alternatif solusi masalah yang bersifat inklusif dan Islami, serta mengambil keputusan secara tepat berdasarkan kalkulasi dan kurasi terhadap data dan informasi yang tersedia | Able to formulate alternative solutions towards a problem and make a decision based on the calculation and curation of available data and information |
CPL9 | Mampu mengelola pembelajaran mandiri secara terstruktur dan terukur | Able to manage structured and measurable independent learning |
CPL10 | Mampu melakukan kerja kolaboratif, melakukan dokumentasi dan teknik arsip, melakukan evaluasi diri dan kelompok kerja, serta membangun relasi dengan pihak internal maupun eksternal dari lingkungan belajar | Able to do collaborative task and build networks with both internal and external parties from the learning environment |